Web Komunitas Suporter Slemania | Kamilah Jiwa - Jiwa yang Tidak Terkalahkan

Supported by: LigaIndonesia.com | Bukan Berita Bola Biasa

VOTING

sembari menunggu siapa pelatih yang akan menukangi PSS musim ini. Mari voting siapa pilihan anda ?








Ganti Logo PSS !

17 September 2005

Beberapa klub besar di dunia pernah mengganti logo atau lambang klubnya. Sebutlah Arsenal, klub tangguh asal London tersebut, sampai saat ini telah empat kali mengalami pergantian logo. Terakhir sekitar 3 lalu logo "peluru" mereka ubah.

Sejatinya, pergantian logo adalah representasi perubahan semangat zaman. Sebuah logo klub tidak semestinya dipertahankan dengan alasan menjaga sejarah atau kemurnian. Seandainya semangat zaman telah berubah, orientasi, cita-cita, serta ambisi klub telah berubah, mengapa pergantian logo tidak dimungkinkan?

Logo PSS Sleman tercinta menurut saya sudah selaiknya dirubah. Untuk sebuah dunia yang membentuk komunitas sosial seperti kelompok suporter kreatif logo PSS saat ini tidak menginspirasikan semangat sepak bola. Bahkan kalau dibandingkan dengan logo Pemerintah Kab. Sleman, logo PSS sangat kalah gagah.

Logo Pemkab Sleman menggunakan background Gunung Merapi yang gagah, lengkap dengan aliran magma yang berwibawa. Sedang PSS, mengapa masih menggunakan logo dengan background padi dan kapas?

Saya percaya bahwa penciptaan pertama kali logo PSS Sleman dulu dipengaruhi oleh kondisi sosial politik di zamannya. Ada tekanan kreativitas terlihat jelas. Melulu apa-apa harus dikaitkan dengan Pancasila. Juga tidak ada kesan pengharapan cita-cita besar dalam logo itu. Saya percaya, pencipta logo tersebut tidak pernah menyangka bahwa PSS akan menjadi salah klub besar dan berpengaruh di dataran Indonesia.

Zaman sudah berubah. PSS telah membuktikan siapa dirinya. Segala semangat bertiup riuh. Coba lihat julukan PSS sekarang, Super Elja.... betapa kesan semangat, ambisi dan, kebesaran tertangkap di sana. Jadi mengapa logo klub tidak diubah menjadi gambar Elang Jawa sekalian?

Tengoklah Arema. Mereka menggunakan gambar singa. Komunitas sepakbola kemudian terbentuk lebih modern. Ambisi klub lalu dijaga konsistensinya. Jadi, walau sempat tergulir di divisi satu, mereka segera bisa kembali.

Saya percaya bahwa logo atau lambang klub adalah representasi semangat klub dan para pendukungnya. Untuk menjaga semangat PSS sampai akhir zaman, marilah kita wacanakan pergantian logo klub tercinta kita. Viva PSS Never Ending Spirit !!!

[ by : Dono Herjuna, Jl. Perjuangan III N0 29 Kebun Jeruk Jakarta Barat ]

<< back to index

Komentar

tambah komentar